Gua Putri

Gua Puteri ada di Desa Padang Bindu Kec Semidang Aji OKU, Baturaja Sumatera Selatan

Sabtu, 17 September 2011

Gua Putri di Desa Padang Pindu

Gua Putri

       

Gua Putri yang merupakan salah satu obyek wisata terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).  Untuk menuju Gua ini kita melewati Jalan Lintas Sumatera (LINSUM). Saat menuju ke lokasi tersebut para wisatawan ataupun para penggemar tempat dan perjalanan wisata dapat menempuh perjalanan tersebut dalam waktu 1 jam dari Ibukota Kabupaten, Baturaja maupun dari Kota Muaraenim atau kurang lebih 35 km.

Perjalanan menuju lokasi wisata tersebut, selama dalam perjalanannya akan disuguhkan pemandangan tepian Sungai Ogan dan pemukiman bernuansakan perkampungan yang cukup memanjakan mata ini, serta dilingkupi suasana hutan tropis yang sedikit berembun dan gudukan batu karang yang menghiasi perjalanan menuju masuk mulut gua.
Saat memasuki gua tersebut, para pengunjung akan dikejutkan dengan suasana takjub karena gua yang memiliki panjang lebih urang 159 meter dan lebar antara 8 – 20 meter dengan tinggi didalam gua kurang lebih 20 meter yang dihiasi ornament stalagtit dan stalagmit yang diperkirakan berusia ratusan tahun ini ternyata di tengah-tengah gua mengalir sebuah anak Sungai Semuhun yang bermuara di Sungai Ogan.
Obyek wisata yang saat ini dikelola oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Pemuda Olahraga, Kab. OKU, sarana dan prasarana pendukungnya sudah banyak terdapat di sekitaran mulut gua sebagai sarana penunjang, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan Gua Putri dengan fasilitas yang lebih lengkap.
Pemerintah setempat pun telah menyediakan cottage, aula, museum, mushola, panggung kesenian, bahkan toilet serta fasilitas pendukung lainnya.
Perlu diketahui, bahwa kawasan wisata Gua Putri memiliki luas sekitar 6 hektar. Untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung, pemerintah setempat sedang membangun jalan dan jembatan menuju objek wisata sepanjang 1,5 kilometer. Jalan beton menuju mulut gua selebar 2 meter sudah dibangun.

Meskipun didalam gua tersebut sudah ada lampu penerangnya hingga menuju sudut gua, namun bau kotoran kelelawar sangat terasa ketika memasuki mulut gua mengingat masih banyaknya kelelawar bergelantungan di dalam gua.
Di dalam Gua Putri pernah ditemukan tulang manusia, tulang binatang dan pecahan gerabah, yang diyakini adalah peninggalan prasejarah. Selain itu, ada pula kapak batu dan beberapa perkakas kuno yang menunjukkan gua tersebut pada saat masa prasejarah pernah dihuni oleh manusia.

 Situs Gua Putri berada pada posisi koordinat 04o 04’ 08,5” Garis Lintang Selatan dan 103o 30’,07” Garis Bujur Timur. Gua Putri terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kab. O.K.U.


Gua Putri memiliki pintu masuk dengan lebar 13-15 meter, dinding-dindingnya mencekung, langit-langit gua membentuk kubah dan tampak beberapa stalaktit-stalaknit menyatu di gua tersebut. Mulut gua memiliki tinggi sekitar 5 meter dan panjang gua sekitar 350 meter dengan lorongnya yang berkelok-kelok dan tembus keluar yang jumlahnya tidak kurang 5 buah. Di dalam gua dipasang lampu penerangan, sehingga memudahkan kita menyusuri lorong-lorong. Di dalam gua terdapat Sungai Semohon dengan lebar lebih kurang 1-1,5 meter dan kedalaman 0,5-2 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar